For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Tips Mengolah Daun Singkong Agar Cepat Empuk, Tidak Pahit dan Tetap Bergizi

Tips Mengolah Daun Singkong Agar Cepat Empuk, Tidak Pahit dan Tetap Bergizi

Tips Mengolah Daun Singkong Agar Cepat Empuk, Tidak Pahit dan Tetap Bergizi

 

SOLO (iklankoranku.com) Daun singkong merupakan sayuran yang kaya kandungan gizi. Tentu sayuran ini akan bertambah nikmat dan menyehatkan jika kita benar dalam mengolahnya. Bagi pembaca yang menyukai olahan daun singkong, bisa simak tips berikut ini.

Pertama, pilih daun singkong yang masih muda. Daun singkong yang masih muda cepat empuk saat diolah dan rasanya tidak pahit. Sebaiknya, sebelum diolah pisahkan daun singkong dari tangkainya dahulu. Setelah itu baru cuci dengan air.

Kedua, saat merebus daun singkong henndaknya diberi sedikit garam. Proses ini akan menguraikan pektin yang terkandung di dinding sel daun singkong, sehingga teksturnya menjadi lunak. Selain itu, dapat membunuh kuman penyakit. Merebus daun singkong juga dapat mengurai residu pestisida yang berbahaya bagi tubuh manusia, erta mengubah senyawa kompleks menjadi lebih sederhana sehingga mudah dicerna dan diserap tubuh.

Ketiga, saat merebus daun singkong dengan panci, hendaknya dibiarkan terbuka. Hal ini bertujuan agar asam yang terbentuk selama perebusan menguap dan tidak tercampur dengan air rebusan. Dengan demikian rebusan daun singkong tidak menghitam atau kecoklatan.

Terakhir, agar rasa pahit daun singkong berkurang, maka setelah merebus hendaknya langsung diangkat. Kemudian cuci beberapa kali dengan air sambil diremas-remas. Lalu tiriskan hingga kering. Daun singkong pun siap dimasak untuk berbagai menu.

Nah, mudah bukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (as)

leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top