For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Tips Menghentikan Kebiasaan Ngedot Pada Anak

Tips Menghentikan Kebiasaan Ngedot Pada Anak

Tips Menghentikan Kebiasaan Ngedot Pada Anak

 

 

TIPS, – iklankoranku.com Menyapih ternyata dapat menghilangkan kepuasan oral pada anak. Tapi jika dilakukan terlalu dini dapat menimbulkan kerinduan untuk memenuhi kepuasan oral. Sehingga menimbulkan kekecewaan pada anak. Nah biasanya, anak pada usia dua tahun masih menggunakan dot untuk memberikan rasa nyaman.

Kesulitan yang dialami pada masa penyapihan sebenarnya lebih banyak berhubungan dengan proses belajar kembali atau re-learning. Dengan belajar melepas dotnya, anak akan belajar untuk mulai beradaptasi dengan menggunakan gelas. Tapi terkadang ada juga gangguan gangguan emosional dalam penyapihan yang dipengaruhi oleh masalah kepuasan oral pada anak.

Berikut ini tips mengatasi anak agar terlepas dari dot:

 

  1. Tentukan waktu penyapihan. Tentukan waktu untuk menyapih. Lakukan saat kondisi bayi dalam keadaan sehat.
  2. Jangan merasa bersalah. Rasa bersalah anda akan memperpanjang ketergantungan anak pada dot. Padahal ada sejumlah bahaya terlalu lama ngedot.
  3. Jangan menawakan dot sebagai jurus untuk menghibur anak. Ketika anak rewel dan merengek minta dot, sejumlah orang tua menurutinya. Hal ini sebaiknya dihindai jika anda ingin anak terlepas dari dot.
  4. Lakukan aktivitas yang menyenangkan dengan anak sehingga anak lupa dengan dotnya.
  5. Potong ujung dot. Cara ini cukup ampuh untuk menghentikan kebiasaan ngedot. Sebab anak tidak nyaman dengan kondisi dot yang rusak.
  6. Ganti kebiasaan ngedot dengan hal lain. Misalnya menggantikan mainan kesukaan anak. Selain itu berilah pengertian agar anak tidak ngedot lagi.
  7. Mulailah sejak dini menggunakan gelas. Agar mengasikan, ajarkan anak menggunakan sedotan saat minum dai gelas, sehingga anak melupakan dotnya.
  8. Biarkan anak memilih cangkirnya sendiri. Segera isi cangkir anak dengan dengan minuman sehingga anak mau minum dari cangkirnya sendiri.

Nah itu, itulah beberapa Tips menghentikan kebiasaan ngedot pada anak. Yuk budayakan anak sehat tanpa ngedot yang berlebihan. (as)

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top