For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Suka handlettering dan kaligrafi, Gabung Aja di Surakaya

Suka handlettering dan kaligrafi, Gabung Aja di Surakaya

Suka handlettering dan kaligrafi, Gabung Aja di Surakaya

 

 

SOLO (iklankoranku.com) lincah merangkai kata diatas keyboard. Beragam curahan perasaan kita tulis, sampai membanjiri beranda akun kita sendiri atau kolem komentar teman kita.

Saking asyiknya dengan gaget, mungkin jari kita kaku kalau harus ‘berkolaborasi’ dengan pensil ataupun bolpion. Al hasil tulisan kita pun, sorry, gak enak dibaca.

Tapi tenang aja, di Solo ini ada satu komunitas yang bisa bikin kita asyik untuk bermesraan kembali dengan alat tulis. Bahkan menghasilkan karya handlettering dan kaligrafi yang bukan euma enak dibaca tapi indah dipandang mata. Bahkan bisa jadi karya handlettering dan kaligrafi ini buat keperluan advertising dan publikasi.

Komunitas ini namanya Surakarya. Berdiri 31 Oktober 2014 lalu. Komunitas ini bagian dari komunitas pecinta handlettering dan kaligrafi Belmen Jakarta, yang punya cabang di Bandung, Semarang, Bogor Malang dan Makasar.

Perkembangan Surakarya cukup pesat. Awal dibentuk cuma beranggoakan 5 orang sekarang sudah lebih dari 50 member.Perkembangan Surakarya nggak lepas dari konsistensi para membernya untuk menjaga eksistensi komunitas ini. Kegiatan gathering anggota dengan nama “Pen Meet Up” rutin dilakukan.

“Surakarya juga membuka stand Belmen Corner setiap pekan di Playground Cafe, Kota Barat, Solo,” ,” ujar Retia Kartika Dewi Pengurus Komunitas Surakarya, Rabu (14/2/2018)

Retia mengungkapkan, karya handlettering dan kaligrafi tidak hanya pada tulisan kertas saja. Karya handlettering dan kaligrafi dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk mural, watercolor,sign painting, apparel dan logo. Surakarya sendiri telah mengaplikasikan karya handlettering dan kaligrafi pada kaos, coverbuku, mural untuk café, stiker, logo dan berbagai design advertising.

Sejumlah even pameran juga sukses digelar. Mislanya Solate bersama Ruang Atas Art Space, Pameran karya Di Solo Hari ini dan pameran karya di Pembukaan Cangwit Art Space.

Surakarya juga pernah menyuguhkan nasehat nasehat baik dalam balutan seni hendlettering dan kaligrafi yang indah, pada pameran bertajuk “Pitutur Becik” di Balai Sudjatmoko

Menurut Retia, nasehat yang baik akan semakin indah dalam balutan seni. Sebaliknya, karya seni hendlettering dan kaligrafi akan semakin indah karena mengandung konten nasehat. “sehingga karya kami tidak hanya enak dipandang mata tapi juga menyejukan hati,” pungkasnya. (As)

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top