For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Stan Lee Mantan presiden Marvel Comics Meninggal Dunia

Stan Lee Mantan presiden Marvel Comics Meninggal Dunia

Stan Lee, Penulis Amerika dan mantan presiden Marvel Comics, telah meninggal dunia di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).  Senin (12/11) pada usia 95 tahun.

Penulis buku komik legendaris itu meninggal pada usia 95 tahun di Cedars Sinai Medical Center di Los Angeles. Istri Stan Lee, Joan yang meninggal pada tahun 2017 – juga pada usia 95 tahun.

 

Berbicara kepada situs web berita selebriti TMZ, JC Lee mengatakan bahwa ayahnya adalah “orang terbesar dan paling baik”.

Menurut majalah Variety, tokoh komik berusia 95 tahun itu sempat mengalami keadaan darurat medis.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, media AS melaporkan, Lee secara berkala menderita penyakit, termasuk serangan pneumonia.

Pada tahun 1961, Lee dan Jack Kirby menciptakan The Fantastic Four untuk Marvel Comics. Kemudian menciptakan karakter termasuk Spider-Man dan The Incredible Hulk.

 

CEO Lee’s Pow! Entertaiment memuji Stan Lee sebagai “bapak budaya pop” untuk menciptakan “alam semesta karakter”. Sementara  CEO Shane Duffy menyebutnya “pelopor ikonik yang sejati tanpa ada yang sebanding”.

Bob Iger, ketua Walt Disney Company, yang membeli Marvel Comics seharga US$ 4 miliar ( pada tahun 2009, menyebut Lee “pahlawan super dalam dirinya sendiri” dalam sebuah pernyataan.

“Skala imajinasinya hanya dilampaui oleh ukuran hatinya.”

 

Lee dikenal karena membuat cameo di setiap film Marvel, meskipun ia telah meninggalkan perusahaan Marvel pada tahun 1972. Lee tetap menjadi ketua emeritus.

Pada  Minggu (11/11), Hari Veteran, halaman Facebook resminya berbagi foto Lee saat bertugas di Angkatan Darat, mencatat nama panggilannya selama Perang Dunia Kedua yakni Playwright.

 

Lee lahir pada 1922 dari imigran Yahudi kelas pekerja dari Rumania. Dia mulai bekerja di bagian komik dari Timely Publications, yakni satu perusahaan yang pada akhirnya akan berubah menjadi Marvel Comics. Dia pun menjadi editor komik di sana pada usia 18 tahun.

 

Tapi selama bertahun-tahun, Lee hanya menulis komik sederhana yang berfokus pada cerita kriminal, kengerian, dan kisah dunia Barat yang ditujukan pada pembaca muda.

Pada usia 40 tahun, Lee sempat memutuskan untuk menyerah berkarier di bidang komik. Tetapi istrinya, Joan, mendesaknya untuk menciptakan karakter-karakter yang selalu ingin ditulisnya sebagai komik.

 

Dan pada tahun 1961, Lee dan seniman Jack Kirby menciptakan Fantastic Four – karakter yang menarik dengan kepribadian individu dan masalah yang berhubungan. [BBC/U-5]

leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top