For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Sembukan, Si Hijau Yang Bau Tapi Kaya Manfaat

Sembukan, Si Hijau Yang Bau Tapi Kaya Manfaat

Sembukan, Si Hijau Yang Bau Tapi Kaya Manfaat

SOLO- (iklankoran.com) Paeseria Tomentosa atau yang populer disebut dengan  Sembukan.

Sembukan dikenal masyarakat sebagai tanaman yang memiliki aroma tak sedap seperti bau kentut. Namun dibalik baunya yang tidak sedap,  ternyata Sembukan menyimpan segudang manfaat. Berikut ini beberapa manaat Daun Sembukan:

1. Mengatasi Nyeri pada Luka. Dalam pengobatan, daun sembukan mempunyai sifat mendinginkan dan juga berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. Caranya, giling hingga halus batang dan daun segar dari tanaman Sembukan secukupnya, kemudian tempelkan pada tempat yang terasa nyeri.

2. Mengobati masuk angin. Buat para driver ojek online khusnya, kesibukan diluar kadang bikin masuk angin. Nah, daun sembukan bisa jadi solusi sehat tanpa bayar. Caranya, kukus 25 lembar daun sembukan. Lalu gunakan sebagai lalapan. Selain itu layukan daun sembukan diatas api kemudian tempelkan pada perut.

3. Mengobati sakit maag. Kerjaan yang menumpuk atau jadwal kuliah yang padat dan sekolah lima hari tapi sampai sore kadang membikin waktu makan jadi berantakan. Alhasil, jadi terserang sakit maag. Tapi jangan khawatir, daun sembukan juga bisa dijadikan obatnya. Caranya, tumbuk satu genggam daun sembukan, kemudian peras airnya dan minum 1 kali sehari sebanyak 1/4 cangkir.

4. Mengobati Rematik. Sakit rematik ternyata juga bisa diobati dengan tanaman sembukan. Caranyapun cukup sederhana dan mudah dipraktekan. Ambil seluruh bagian tanaman Sembukan, kira-kira 60 gram. Kemudian rebus dengan air secukupnya. Lalu saring dan minum airnya secara rutin dan sudahi Jika tidak terasa nyeri lagi.

5. Mengobatin Gatal Kulit. Kulit gatal alias gudiken tentu bikin risih dan malu. Dikit-dikit pengen digaruk, begitu digaruk berair dan malah bikin rasa gatal tambah melebar. Nah, resep daun sembukan yang satu ini bisa dicoba. Caranya ambil tamanan sembukan, lalu cuci dengan bersih. Kemudian ambil bagian batang dan daun sembukan. Giling hingga halus dan tempelkan ke tempat yang terasa gatal.

Itulah lima manfaat dari daun sembukan. Si hijau yang bau tapi punya segudang manfaat.

Selamat mencoba. (as)

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top