For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Plesir Ke Wonogiri, Cobain Kuliner Ini diburu para penggemar kuliner botok

Plesir Ke Wonogiri, Cobain Kuliner Ini diburu para penggemar kuliner botok

Plesir Ke Wonogiri, Cobain Kuliner Ini diburu para penggemar kuliner botok

SOLO (iklankoranku.com) Botok, tentu kuliner yang satu ini tidak asing ditelinga masyrakat indonesia, khurusnya orang jawa. Umumnya bothok berisi campuran biji mlanding dengan parutan kelapa. Tapi, warga Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa tengah bereksperimen dengan membuat botok berbahan dasar ikan jambal dengan campuran cabe dan tentunya parutan kelapa. Hasilnya olahan kuliner botok jambal banyak diburu para penggemar kuliner botok.

Kuliner ini dibuat Sukarni warga Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kota Kabupaten Wonogiri. Perempuan berusia 60 tahun itu memanfaatkan ikan jambal sebagai bahan dasar membuat botok. Sukarni mengungkapkan sebenarnya kisah kuliner ini tidak lepas dari krisis moneter yang terjadi tahun 1997 lalu. Krisis moneter membuat usahanya di Ibukota gulung tikar dan ia pun memutuskan pulang.

Melimpahnya potensi ikan di Waduk Gajah Mungkur membuatnya memutar otak. IIapun berfikir untuk membuat usaha ikan goring. Inovasi kuliner botok dengan bahan dasar ikan jambalpun hinggap dibenaknya.

“Tidak disangka botok ikan jambal disuka orang, dari wonogiri maupun luar wonogiri,” katanya Jum’at (9/2)

Penggemar botok Jambal sendiri datang dari berbagai kalangan baik warga umum maupun pegawai. Banyak dari mereka berburu botok Jambal sebagai menu makan siang.

Ia mengungkapkan pembuatan botok ikan sendiri sangat mudah. Ikan yang telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian kemudian dicampurkan dengan bumbu serta irisan cabe dan parutan kelapa dibungkus dengan daun pisang. Kemudian dikukus selama kurang lebih setengah jam. “Campuran rasa botok ikan yang segar dan pedasnya bumbu cabe mungkin itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar botok ikan. Apalagi botok ikan masih jarang dijual di wonogiri,” katanya

Selain botok ikan, warung sukarni juga menambahkan lalapan serta jambal goreng sebagai pilihan menu lainnya. Nah jika anda penasaran dengan rasa botok ikan sajian khas wonogiri tidak ada salahnya mencoba ketika berkunjung di kawasan sekitar waduk Gajah Mungkur Wonogiri. (as)

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top