For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.

Pemipa Solo, Komunitas Para Pecinta Pipa Cangklong Solo

Pemipa Solo, Komunitas Para Pecinta Pipa Cangklong Solo

SOLO (iklankoranku.com) Lazimnya orang menikmati rokok dengan cara dihisap langsung. Tapi, lain hal nya dengan para anggota Pemipa Solo. Bagi mereka merokok ialah seni yang indah untuk menikmati kandungan nikotin dari tembakau. Sebagai wujud apresiasi terhadap aroma yang terkandung dalam tembakau, mereka memanfaatkan alat khusus yang biasa disebut pipa.

Pemipa Solo sudah ada sejak tahun 2011, mulanya diinisiasi oleh lima orang. Namun kini anggotanya sudah bertambah hingga 100 orang pemipa. Mereka berasal dari berbagai latar belakang sosial yang berbeda. Pemipa menjadi sebutan bagi mereka yang melakukan aktivitas mipa atau seni merokok menggunakan pipa cangklong.

“Saya kurang tahu kapan pastinya berdiri komunitas pipa nasional, namun untuk area Solo sudah ada sejak tahun 2011,” ujar salah satu Pegiat Budaya Cangklong, Wisik Sunaryanto kepada Iklankoranku.com.

Mas Wisik mengaku mulai aktif bergabung di komunitas Pemipa Solo sejak tahun 2011. Itupun bermula dari ajakan
sahabatnya. Menjadi anggota Pemipa Solo membuat Wisk memiliki pengetahuan baru tentang dunia pipa dan tembakau. Menurutnya siapapun bisa bergabung dengan komunitas ini yang terpenting mereka memiliki pipa sebagai identitas komunitas.

“Anggota Pemipa Solo hanya diberi syarat memiliki pipa dan menyukai persahabatan sehingga nyaman ketika berkumpul bersama,” tuturnya.

Berbagai obrolan menarik selalu mereka lakukan ketika sedang “Nyabar” alias nyangklong bareng. Selain membicarakan obrolan- obrolan yang sifatnya umum mereka pun kerap membicarakan hal- hal khusus yang berkaitan dengan pipa rokok dan tembakau. Momen berkumpul kerap dimanfaatkan sebagai ajang bercerita seputar berbagai pengalaman mipa.

“Kita sering berbincang- bincang soal desain pipa, teknik menggunakan pipa cangklong, perawatan pipa dan rasa-rasa tembakau,” pungkasnya. (as)

leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top