For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Paguyuban Jemparingan Mataraman Al Jawi, Lestarikan Olahraga  Jemparingan

Paguyuban Jemparingan Mataraman Al Jawi, Lestarikan Olahraga  Jemparingan

Paguyuban Jemparingan Mataraman Al Jawi, Lestarikan Olahraga  Jemparingan

WONOGIRI- (iklankoranku.com) Jemparingan, olahraga panahan tradisional ini sempat tenar di era 60-an hingga 70-an. Seiring berlajannya waktu olahraga ini meredup.

Belakangan ini, gairah masyrakat pada olahraga panahan kembali bangkit. Nah, di Wonigiri tepatnya di kecamatan Batuterno, jemparingan kembali dilestarikan oleh komunitas yang menamakan diri Paguyuban Jemparingan Mataraman Al Jawi.

Pengurus Paguyuban Jemparingan Mataraman Al Jawi, Mbah Dedy mengatakan,  Komunitas ini terbentuk pada 2016 lalu. Komunitas Al-Jawi sedikitnya beranggotakan 20 orang. Ada yang berasal dari Wonogiri, Sukoharjo, Solo, Kulonprogo dan Yogyakarta.

“Anggota paguyubannya cukup beragam. Mulai dari anak anak sampe orang dewasa, ada laki-laki, ada juga yang perempuan. Semua berangkat dari profesi dan latarbelakang yang berbeda,” ujarnya Selasa (13/3/2018)

Lanjutnya, Paguyuban Jemparingan Mataraman Al Jawi rutin menggelar Gladen atau latihan jemparingan bersama. Gladen dilakukan setiap Minggu Pon. Kegiatan ini dilakukan Gladen dilakukan secara bergilir seperti di Kecamatan Wonogiri, Jatisrono, Jatipurno dan Slogohimo. Untuk kecamatan Baturetno biasanya di Dusun Patuk, Desa Baturetno.

“Gladen bisa dibilang jadi ajang unjuk kebolehan atlet Jemparingan Mataraman,” imbuhnya

Selain menjalin menjadi ruang menjalin persahabatan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya mempertahankan budaya Jawa, khususnya Jemparingan Mataraman.

“Di sisi lain ini juga dalam rangka mengikuti Sunah Nabi Muhammad SAW,  olah raga yang di sunahkan itu adalah jemparingan, berkuda dan berenang,” ungkapnya

Ia  berharap agar tradisi Jemparingan Mataraman ini kelak dapat bersanding dengan budaya lainnya dan dapat mempertahakan eksistensinya. (as)

leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top