For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Lomba Ukir Buah, Meriahkan Festival Buah Jateng Ke-3

Lomba Ukir Buah, Meriahkan Festival Buah Jateng Ke-3

Lomba Ukir Buah, Meriahkan Festival Buah Jateng Ke-3

Solo (iklankoranku.com) Festival Buah Jawa Tengah ke 3  dimeriahkan dengan lomba mengukir buah, Minggu (4/3/2018) Sebanyak 60 peserta beradu kreativitas dalam perlombaan ini.

Kepala Seksi Tanaman dan Buah Dinas Kehutanan san Perkebunan (Distanbun) Provinsi Jawa Tengah, Pujo Purwanto saat ditemui disela-sela acara mengungkapkan,  lomba mengukir buah bertujuan untuk meningkatkan apresiasi seni ukir berbahan buah lokal. Oleh karena itu, dalam lomba tersebut  para peserta diwajibkan menggunakan buah lokal. Diantaranya seperti buah semangka, pepaya,jambu,manggis, pisang, labu dan lain- lain.

“Kalau ada peserta yang menggunakan buah impor kita diskualifikasi,” ujarnya kepada Iklankoranku.com Minggu (4/3/2018)

Pujo, menambahkan pihaknya juga ingin menggelorakan semangat mengonsumsi buah produk lokal. Menurutnya, selain menyehatkan tubuh buah lokal juga lebih segar dan aman dikonsumsi. Ironisnya, hingga saat ini konsumsi buah di Indonesia masih sangat rendah

Tingkat konsumsi buah masih sangat rendah, hanya 33 sampai 35 kilogram per tahun per kapita

Sementara itu, Chef Hendro Purwanto dari Indonesian Chef Asociation (ICA) Jateng mengatakan,  dalam lomba perlombaan tersebut yang paling penting adalah teknik mengukir buah. Menurutnya, teknik mengukir buah yang baik dan benar akan berpengaruh pada hasil ukiran dan kesegaran buah.

“Kondisi buah pasca diukir harus tetap segar, dan warnanya tidak berubah menjadi pucat,” ujarnya

Pihaknya, sangat mengapresiasi perlombaan ini. Ia berharap perlombaan ini dapat melahirkan profesional profesional salam mengukir

“semoga pada tahun 2018 ini kita  bisa menemukan bibit unggul dari kalangan profesional dan umum” tandasnya

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top