For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Kue Leker Gajahan, Renyahnya Tak Lekang Oleh Jaman

Kue Leker Gajahan, Renyahnya Tak Lekang Oleh Jaman

Kue Leker Gajahan, Renyahnya Tak Lekang Oleh Jaman

 

SOLO, iklankoranku.com- Inovasi kuliner memang tak ada habisnya. Bahkan beragam kuliner ‘kekinian’ bermunculan. Tapi jangan salah, kuliner tetap eksis dan tak lekang oleh zaman.  Salah satu darisekian banyak kuliner tradisonal yang masih eksis adalah kue leker.

Kue leker memiliki tekstur yang kering dan renyah. Isian irisan pisang didalamnya, dengan taburan coklat memberikan senasi renyah dan manis. Tak heran jika jajanan ini cocok disantap ketika hangat.

Nah, di Solo ada jajanan kue leker yang sangat legendaries, namanya Leker Gajahan. Leker Gajahan mulanya dijual di Kampung Jogoprahan RT 3/4 Danukusuman, Pasar Kliwon.  Siapa sangka, resep Leker Gajahan, memiliki kisah tersndiri.

“Usaha leker gajahan ini dirntis oleh Ayah saya, pak Fathoni,” ujar Tri Suyatno (41) putra ketiga Almarhum Fatoni kepad wartawan bebrapa waktu lalu

Ia menngukapkan, resep leker gajahan merupakan resep turun temurun sejak jaman penjajahan Belanda. Paman dari almarhum ayahnya merupakan juru masak tentara Belanda. Kala itu, ia diminta membuat kue yang enak oleh tentara belanda.  Lalu munculah ide untuk membuat kue kering tering dan diberi gula.

Lanjutnya,  dahulu kue leker masih polos tanpa ada campuran pisang dan meses. Para tentara Belanda ternyata menyukai kue itu. Sambil menikmati menikmati kue kering itu mereka mengatakan lekker.

“Nah, sejak saat itu kue ini dinamakan kue leker,” tutur Suyatno

Ia menjelaskan, untuk membuat kue leker cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan  untuk membuat adonan hanya terigu, gula, santan, pewarna makanan. Adonan tipis dipanaskan dengen cetakan lalu diberi isian. “Sekarang isian kue leker banyak variasinya, bisa dikasih  irisan pisang, keju, meses selai dan lain lain,” imbuhnya

Seiring dengan perkembangan usahanya, outlet leker gajahan ada di berbagai pusat perbelanjaan di kota Solo. Diantaranya CFD Solo, di The Park Mall, Solo Paragon, Wedangan Pak Gendut, Luwes Gentan Sukoharjo hingga di Kota Cilacap. (as)

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top