For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
KopiSolo.com Berikan Edukasi Masyarakat Akan Cita Rasa Kopi

KopiSolo.com Berikan Edukasi Masyarakat Akan Cita Rasa Kopi

KopiSolo.com Berikan Edukasi Masyarakat Akan Cita Rasa Kopi

SOLO (iklankoranku.com) Buat anda para penikmat kopi rasanya perlu untuk bergabung dengan komunitas ini. Komunitas KopiSolo.com, komunitas ini beranggotakan petani kopi, barista, pemilik kedai kopi hingga para penikmat kopi.

“Nggak ada kriteria khusus untuk menjadi anggota komunitas ini, selama suka kopi dan pengin tahu banyak tentang dunia kopi maka bergabunglah,” Hatma Dhika Aditama anggota KopiSolo.com bebrapa waktu lalu di Kedai Kpi Mataram Solo Square

Hatma, awalnya bekerja di kedai kopi. Ia bergabung dengan KopiSolo.com sejak tahun 2016 lalu. Mulanya ia bukan penggila kopi, sekadar penikmat saja. Namun siapa sangka kini ia dan  teman- teman merintis usaha kedai kopi di Karangpandan, Katanyanyar.

Anggota KopiSolo.com tersebar di seluruh Solo Raya total anggota di grup Whatsapp ini mencapi 116 orang. Para petani kopi adalah petani Kopi Lawu, bahkan para petani kopi ada dari Temanggung.

Komunitas yang berdiri pada 16 Juli 2016 ini mencatat perkembangan kedai di kota Solo cukup pesat. Di tahun 2016 setidakny kedai kopi se-Solo Raya sudah mencapai 76 kedai. “Sekarang sudah meningkat jadi ratusan kedai kopi,” tuturnya.

Latar belakang beridirinya Komunitas KopiSolo.com yaitu melihat fenomena keberadaan kopi di kota Solo yang sedang booming- boomingnya. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya para penikmat kopi dan bertambahnya jumlah kedai kopi.

“Harapan kami keberadaan kopi bisa sejajar dengan teh yang bisa dinikmati kapan saja untuk segala usia,” ujarnya.

Hatma dan teman- teman memiliki misi jangka panjang yakni membuat kopi menjadi budaya baru bagi warga Solo, sama seperti teh. Saat ini kopi telah berkembang pada era gelombang ketiga yaitu kopi mulai di kembangkan dengan menampilkan kopi- kopi dari berbagai daerah. Pengenalan kopi daerah dari seluruh Indonesia seperti kopi Gayo Aceh, Kopi Kintamani Bali bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan yang sifatnya mengedukasi.

“Salah satu kegiatan rutin kita itu sifatnya edukasi misal menyeduh kopi, belum lama ini kita ada coaching clinick di Solo Square,” jelasnya.

Kegiatan edukasi yang sengaja diberikan kepada khalayak umum itu meliputi cara membuat kopi tubruk, mix kopi, hingga proses pembuatan kopi dengan mesin. Edukasi ini bertujuan agar semakin banyak orang yang bisa menikmati cita rasa kopi yang tepat.

“Kegiatan lain juga kami gelar seperti bazar kopi, kompetisi antar barista,”pungkasnya. (as)

leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top