For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Komunitas Fakta bahasa (Solo)

Komunitas Fakta bahasa (Solo)

Komunitas Fakta bahasa (Solo)

Solo- (iklankoranku.com) Faktabahasa Solo adalah sebuah komunitas yang mewadahi anak muda yang punya passion, yang ingin berbagi dan belajar bahasa asing secara simple dan santai bukan seperti lembaga atau institusi kursus bahasa asing pada umumnya.

Kami tidak memberikan batas umur tertentu untuk bergabung dalam komunitas ini, bagi kami modal yang paling utama adalah kemauan untuk belajar bahasa asing itu sendiri.

Berangkat dari ide tersebut, akhirnya Fakta bahasa Solo terbentuk pada tanggal 22 Juni 2014 dan masih aktif sampai sekarang, dan kami-pum telah beberapa kali melakukan regenerasi kepengurusan.

Open New Classes

Open New Classes merupakan kegiatan pendaftaran untuk member baru. Biasanya Open New Classes diadakan dua kali dalam satu periode kepengurusan. Pada saat Open New Classes, calon member diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran secara online yang telah disediakan oleh pengurus. Calon member harus mengisi sesuai dengan data pribadi.

Selain itu calon member juga harus menuliskan motivasi bergabung dengan Faktabahasa Solo. Selayaknya fokus dalam Faktabahasa, calon member juga harus memilih bahasa mana (yang tersedia di Faktabahasa Solo) yang menjadi ketertarikan calon member untuk bergabung.

Tujuan dari Open New Classes adalah, walaupun Faktabahasa Solo merupakan suatu komunitas, tetapi harus ada ikatan formalitas setiap member pada waktu awal bergabung di Faktabahasa Solo. Tujuan lainnya yaitu agar Faktabahasa Solo memiliki data setiap member yang bergabung dalam Faktabahasa Solo.

Internalisasi

Merupakan pertemuan pertama para member baru yang dilakukan setelah konfirmasi penerimaan member yang mendaftar pada saat Open New Classes. Internalisasi diselenggarakan dengan maksud memberikan pengarahan kepada member baru tentang Faktabahasa Solo.

Pengurus memberikan penjabaran tentang apa itu Faktabahasa dan Faktabahasa Solo, kegiatan-kegiatan yang pernah dan akan dilakukan serta informasi mengenai Faktabahasa Solo.

Hal yang tak kalah penting dalam kegiatan ini adalah pengenalan setiap club (kelompok bahasa) yang ada di Faktabahasa Solo. Masing-masing club mempresentasikan club-nya sedemikian mungkin untuk memberikan gambaran mengenai club tersebut kepada member baru dan menarik mereka untuk bergabung. Selain itu, Internalisasi juga diselingi oleh kegiatan-kegiatan sekreatif mungkin untuk meningkatkan semangat dan antusiasme para member baru.

Clubbing

Tidak salah kita memikirkan kegiatan yang negatif ketika mendengar kata Clubbing. Kata Clubbing acapkali digunakan dalam istilah Faktabahasa Solo. Bahkan Clubbing menjadi kegiatan utama dalam keseharian Faktabahasa Solo. Akan tetapi, istilah Clubbing yang digunakan Faktabahasa Solo berbeda dengan istilah-istilah yang lazim digunakan banyak orang.

Clubbing di Faktabahasa Solo merupakan kegiatan rutin yang dilakukan masing-masing club untuk belajar dan mengajarkan (sharing) ilmu bahasa asing sesuai dengan kelompok bahasa yang tersedia di Faktabahasa Solo.

Sementara ini ada 5 club bahasa di Faktabahasa Solo yakni: club Inggris, Prancis, Jerman, Jepang dan Arab dan memungkinkan akan ditambah beberapa bahasa asing lain.

Kegiatan ini bersifat fleksibel dalam hal waktu dan tempat. Waktu dan tempat yang digunakan disesuaikan dengan tutor dan forum dalam club. Biasanya, kegiatan ini diilaksanakan di tempat makan (cafe), public space, rumah dinas pejabat kota, dan tempat-tempat lainnya yang dinilai cukup kondusif.

Dalam kegiatan ini non member juga diperbolehkan bergabung, tetapi dengan konsekuensi harus mengikuti materi yang telah berjalan. Seandainya non member ingin belajar dari awal, harus melalui jalur pendaftaran yang dibuka pada saat Open New Classes selanjutnya.

Kopdar

Kopdar merupakan akronim dari Kopi Darat. Kopdar adalah pertemuan antara pengurus dan tutor yang dilakukan secara rutin. Kopdar diadakan di tempat yang telah dispakati oleh pengurus disetiap pertemuannya.

Dalam arti, Kopdar tidak memiliki tempat yang tetap. Waktu pelaksanaan Kopdar Faktabahasa Solo telah disepakati pada awal kepengurusan, yakni setiap dua minggu sekali setiap hari Jumat.

Kopdar diadakan untuk membicarakan kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh Faktabahasa Solo, terutama oleh masing-masing club.

Selain itu juga mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah berjalan sebelumnya, apa yang harus dipertahankan dan apa yang harus dibenahi.

Pada setiap Kopdar, para pengurus juga mempersiapkan apa saja yang akan dilakukan Faktabahasa Solo kedepannya. Kegiatan yang dilakukan secara rutin ini bertujuan untuk tetap menjaga tali silaturahmi masing-masing pengurus dan tutor sehingga tercipta komunikasi yang baik.

Tidak hanya itu, kopdar juga merupakan suatu kegiatan sekaligus moment di mana pengurus dan tutor dapat menyampaikan ide-ide ataupun aspirasi-aspirasinya supaya dapat didiskusikan bersama yang tentunya bertujuan untuk Faktabahasa Solo yang lebih baik.

Special Class

Selain kegiatan inti kami yaitu Clubbing, kami punya kegiatan-kegiatan lain yang disebut Special Class. Pada dasarnya, special class adalah sebuah kelas khusus yang sifatnya tidak rutin untuk membahas topic-topik tertentu yang tentunya menunjang kegiatan belajar bahasa asing kami. Misalnya, belajar bahasa prancis dan jerman langsung dengan native speaker.

Di kegiatan ini kami tidak hanya belajar bahasanya saja tapi kami juga berdiskusi bagaimana budaya-budaya di negara tersebut (karena memang bahasa erat kaitannya dengan budaya) dan kami juga bercerita bagaimana dan apa saja budaya serta kearifan lokal yang ada di Indonesia.

Selain itu, beberapa waktu yang lalu kami juga mengadakan special class dengan tema “Abenteuer in Deutschland” atau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang brarti “Berpetualang di Jerman”. Di sesi ini kami mengundang teman-teman yang pernah bergabung di Faktabahasa Solo atau yang masih aktif di Faktabahasa Solo yang pernah tinggal di negara lain dalam jangka waktu yang lama untuk membagikan pengalaman mereka selama menuntut ilmu dan bertahan hidup di sana.

Tujuan kami adalah untuk bisa saling berbagi, saling menginspirasi satu sama lain dan secara tidak langsung juga dapat memberikan semangat pada kami bahwa tidak ada sesuatu hal yang tidak mungkin jika kita percaya dan berusaha.

Dalam kegiatan ini pula biasanya kami juga saling bertukar informasi tentang beasiswa luar negri atau program lain yang dapat diikuti untuk menambah pengalaman dan memperluas networking baik dalam sekala nasional maupun internasional.

Tidak hanya itu, kami sedang dan masih berusaha untuk membudayakan: giving more than you receive, karena kami yakin kami hidup tidak sendiri dan selalu butuh bantuan orang lain dan kami berpikir bahwa berbagi ilmu tidak hanya sebatas untuk member-member Faktabahasa Solo saja tapi kami juga ingin membawa manfaat untuk masyarakat.

Berangkat dari pemahaman tersebut, kami sedang berusaha untuk mengumpulkan anggota Faktabahasa Solo yang mau ikut memberikan manfaat untuk orang lain dengan cara clubbing dengan pedagang-pedagang di beberapa titik tempat pariwisata di Kota Solo.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar bahasa asing bagi pedagang-pedagang di tempat-tempat pariwisata yang tentunya akan sangat sering berinteraksi dengan turis mancanegara, mempermudah mereka berkomunikasi dengan turis asing dan menjadikan kota Solo yang “feels like home” untuk turis-turis mancanegara, sehingga mereka merasa tidak sedang melancong ke negara lain karena di Solo mereka juga bisa berkomunikasi dengan bahasa negara mereka masing-masing.

Faktabahasa Solo dapat dihubungi di:
Twitter: @Faba_solo
WA: 081285208626
Instagram: faba_solo
Line Official: @sce2376l
Email: faktabahasasolo@gmail.com

(md)

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top