For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
KMSR, Gudangnya Kicau Mania

KMSR, Gudangnya Kicau Mania

KMSR, Gudangnya Kicau Mania

Kicau namia di Solo tentu tidak asing dengan komunitas yang satu ini. Komunitas ini adalah gudangnya para pecinta, peternak burung berkicau hingga perajin sangkar burung. Begitulah kiranya sekilas yang dikenal masyrakat dari Komunitas Kicau Mania Solo Raya (KMSR).

Komunitas yang berdiri sejak akhir tahun 2015. Komunitas ini selain merangkul para peternak juga merangkul pengrajin sangkar burung di Solo Raya.

“Keanggotaan kami tidak ada syarat khusus, kegiatan kami pun bebas diikuti oleh peternak dan pengrajin sangkar burung” ujar Ketua KMSR, Giatno

Meskipun hanya digawangi oleh Sembilan orang pengurus, KMSR tergolong aktif dan produktif berkegiatan. Secara rutin komunitas ini mengadakan perlombaan. Bahkan event berskla provinsi tiap tiga hingga enam bulan sekali.

Secara organisasi juga patut diacungi jempol, KMSR rutin mengadakan rapat selama satu kali dalam sebulan, kegitan latihan rutin setiap pekan. Selain mengadakan kegiatan khusus internal mereka, mereka juga tetap meluangkan sebagian rezekinya untuk warga yang membutuhkan uluran tangan mereka.

“ Kami setiap tiga bulan sekali mengadakan bakti sosial berupa pembagian sembako bagi warga ,” ungkap Giatno.

KMSR juga berupaya menjaga kualias burung berkicau. Koleksi burung yang banyak diternak saat ini adalah jenis Love Bird yang harganya berkisar Rp Rp 200 ribu hingga puluhan juta. Menurutnya kualitas burung peternak yang bergabung di KMSR ternak lebih baik dari burung yang dijual dipasaran.

“Koleksi burung yang ada di KMSR berasal dari hasil ternak, banyak peternak yang menjual burungnya di KMSR yang kualitasnya lebih baik daripada yang di pasaran,” ucapnya.

Saat ini sekretariat tempat KMSR beraktivitas ada di kawasan Gantangan, Depok Solo. “harapannya KMSR mampu menjadi icon kicau se Solo Raya,” pungkasnya Giatno.

leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top