For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Japanholic Solo Raya, Gudangnya Penggemar Budaya Jepang

Japanholic Solo Raya, Gudangnya Penggemar Budaya Jepang

Japanholic Solo Raya, Gudangnya Penggemar Budaya Jepang

 

Solo- Iklankoranku.com Beragam karakter dalam anime atau manga diperankan didunia nyata. Hal ini setidaknya bisa kita ;ihat diberbagai event Cosplay Competition. Nah, di kota Solo ada satu komunitas yang menjadi wadah para pecinta budaya jepang, termasuk cosplay, anime manga hingga idol grup. Komunitas ini bernama Japanholic Solo Raya.

 

Komunitas ini mulanya bernama Anak Wedangan Family (AW Fam). AW Fam berdiri akhir tahun 2013 lalu.  Seiring berjalannya waktu jumla anggota komunitas ini semakin bertambah. Bahkan beragam kegiatan dilakukan.

 

Demi memperkuat identitas sebagai komunitas yang anggotanya interest pada budaya Jepang, komunitas ini ganti nama. Tahun 2016 lalu AW Fam tampil di tiap kegiatan dengan menyandang nama baru, Japanholic Solo Raya.  

 

Tak ada persyaratan khusus untuk bergabung dalam komunitas ini. NAmun tentunya anggota harus memiliki ketertarikan terhadap berbagai bentuk budaya Jepang. Selain itu minimal juga harus sudah duduk di bangku SMA (Sekolah Menengah Atas).

 

“yY minimal SMA karena kegiatan atau penyeenggraan even-event kan butuh tanggung jawab dan kerjasama dari berbagai pihak termasuk peran semua anggota,” ujar Wenang Purbaningrat , pengurus Japanholic Solo Raya.

 

Kegiatan komunitas ini cukup beragam. Ada even berska besar dan ada pula mini even. Hal ini didasakan pada jumlah peserta yang akan berpartisipasi. Jangan salah, Japanholic Solo Raya, cukup terampil dalam menyelenggrakaneven.

 

Selama ini kegiatan sebagian besar masih gratis. Bahkan hanya mengandalkan hadiah dari sponsor. Namun meskipun demikian, tiap evet yang digelar selalu  banyak menarik minat para cosplayer untuk berpartisipasi dan panen penonton.

 

“Untuk mini event kita selalu gratis. Selain itu kita juga sering diundang untuk ikut acara Japanese School Festival yang ada di sekolah- sekolah Solo Raya,” jelas Wenang.

 

Wenang berharap Japanholic Solo Raya semakin dilirik oleh berbagai kalangan, terutama anak muda. Selain itu ia berharap keberadaan Japanholic Solo Raya, dapat lebih memacu kreativitas para pecinta budaya Jepang di Indonesia.

 

“Mudah-mudahan keberadaan komunitas ini semakin memacu kreatifitas, terutama generasi muda,” pungkasnya (as)

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top