For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Ini Tips Agar Bakso Lebih Kenyal Dan Padat

Ini Tips Agar Bakso Lebih Kenyal Dan Padat

Ini Tips Agar Bakso Lebih Kenyal Dan Padat

 

SOLO, iklankoranku.com- Bakso, kuliner yang satu ini tentu sangat familier di masyrakat kita. Bahkan termasuk makanan favorit. Tak heran jika warung hingga restoran penyedia menu ini begitu menjamur dan tak terhitung jumlahnya.

Terkadang, kulineria terutama ibu rumah tangga ingin mencoa membuat olahan bakso sendiri. Bukannya menghasilakan bakso yang kenyal dan padat, biji bakso yang dihasilkan justru lembek. Nah, berikut ini tips sederhana agar olahan bakso lebih kenyal dan padat.

Perbandingan bahan adalah tahap pertama yang sangat penting dalam membuat bakso. Agar tekstur bakso yang dihasilkan pas perbandingan bahan harus diperhatikan.

Perbandingan daging sapi giling dan tepung tapioka atau tepung khusus bakso sebanyak 4:1 bisa di coba. Jangan lupa campur bahan bahan ini hingga merata.

 

Setelah adonan selesai dibuat, jangan lupa tambahkan es batu yang telah diserut atau air es. Es batu atau air es  adalah satu bahan penting untuk membuat bakso kenyal dan padat.

Sebab, pada waktu daging digiling maka daging giling yang dihasilkan mengalami kenaikan suhu, biasanya terasa hangat saat disentuh. Es serut atau air es akan membantu menetralkan suhu daging.

 

Setelah itu, untuk membentuk tekstur bakso yang bulat, gunakan dua sendok kecil untuk mencetak. Atau bisa menggunakan tangan, dengan genggam adonan secukupnya, lalu  remas dan tekan ke arah ibu jari.

Adonan yang keluar dari lubang antara  ibu jari dan telunjuk otomatis akan membentuk bulatan. Setelah itu segera ambil adonan yang keluar dengan menggunakan sendok.

Untuk merebus, didihkan air, setelah mendidih, kecilkan apinya, baru setelah basukan biji bakso yang telah dibuat. Rebus sampai bakso terapung.

Setelah terapung angkat tiriskan bakso dan dan masukkan kke dalam air es. Hal ini dilakukan supaya panas bakso berkurang tapi bakso tetap lebih kenyal dan lebih padat.

Nah itu tips sederhananya, udaah bukan? Selamat mencoba. (as)

leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top