Untuk pengalaman yang lebih baik silahkan ubah browser Anda menjadi CHROME, FIREFOX, OPERA atau Internet Explorer.
7 Cara Kelola Uang yang Harus Diterapkan dari Sekarang

7 Cara Kelola Uang yang Harus Diterapkan dari Sekarang

Liputan6.com, Jakarta – Mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah dilakukan, terutama bagi mereka yang terbiasa hidup boros. Gaya hidup sering kali menjerumuskan mereka ke kondisi finansial yang tidak sehat. Bahkan, banyak dari mereka yang terjerat utang.

Mengingat biaya hidup yang semakin lama semakin meningkat, alangkah baiknya jika kita mulai menerapkan gaya hidup hemat. Berikut ini adalah tujuh cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Membuat Portofolio Keuangan Secara Rutin

Banyak orang yang menganggap kalau portofolio keuangan itu tidak berguna. Jika diteliti lebih lanjut, portofolio keuangan sangat membantu dalam mengelola keuangan sesuai pos-pos yang telah ditetapkan.

Adanya portofolio keuangan juga memberikan gambaran arus kas yang digunakan setiap bulan. Dengan begitu, kita dapat membandingkan total pengeluaran antara bulan ini dan bulan sebelumnya. (Baca Juga: SLIK: Layanan Pengganti BI Checking. Bagaimanakah Cara Ceknya?)

2. Membeli Kebutuhan Pokok di Pasar

Tidak dapat dimungkiri, manusia pada era modern lebih suka berbelanja di supermarket dibandingkan di pasar. Faktor lebih nyaman menjadi alasan utama mengapa berbelanja di supermarket lebih disukai. Padahal, harga yang ditawarkan di supermarket jauh lebih mahal dibandingkan di pasar.

Namun, banyak orang yang tidak memedulikannya. Agar diri Anda terhindar dari hidup boros, perhatikanlah setiap detail kegiatan yang dilakukan, termasuk saat berbelanja. Jika ternyata harga yang ditawarkan di pasar lebih murah, mengapa harus berbelanja di supermarket?

Kalau tidak suka kondisi pasar yang terlalu ramai, Anda bisa datang lebih awal. Selain lebih nyaman, produk juga masih segar dan harganya pun murah.

http://bisnis.liputan6.com/read/3224225/7-cara-kelola-uang-yang-harus-diterapkan-dari-sekarang

tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Atas Download
Download