For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Kounitas Rumah Baca Sangkrah, Berdayakan Masyrakat

Kounitas Rumah Baca Sangkrah, Berdayakan Masyrakat

Komunitas Rumah Baca Sangkrah, Berdayakan Masyrakat

SOLO, iklankoranku.com- Sangkrah, kelurahan di pinggiran kota Solo ini dulunya identik dengan permasalahan sosial, terutama kenakalan remaja. Namun, predikat negatif ini hilang sejak empat silam, tepatnya 17 Januari 2014. 

?????????????

 

Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Kampung Dadapsari, Kelurahan Sangkrah berusaha menghapus sisi kelam itu.  Upaya itu diawali dengan mendirikan Komunitas Rumah Baca Sangkrah (RBS).

 

 

“Komunitas ini bertujuan memberdayakan masyarakat sehingga menjadi warga masyarakat yang cerdas,”ujar Danny Setyawan selaku Pembina RBS bebrapa waktu lalu

 

Lanjutnya, rumah baca yang didirikan berfungsi sebagai rumah belajar tentang segala ilmu. Kegiatan RBS mencakup berbagai usia, mulai dari anak-anak dan remaja. Kegiatan  untuk usia anak-anak dititik beratkan kepada pembentukan karakter.

 

Sedangkan untuk usia remaja di titik beratkan kepada lifeskill atau kepada bidang keahlian.  Para remaja diajarkan sejumlah keterampilan, misalnya membatik, menari, bermain teater, pelatihan memahat, bermain musik dan  kegiatan edukatif lainnya. Alhasil, kini anak-anak dan remaja tumbuh dalam lingkungan yang positif.

 

Setidaknya sekarang warga mulai bisa hidup dengan nyaman karena tingkat kenakalan remaja, tawuran dan tindakan kriminalitas lain sudah berkurang beralih menjadi kegiatan positif,” imbuhnya

 

Selain itu, RBS juga mengembangkan kegiatan di bidang pemberdayaan ekonomi.  Antara lain usaha di bidang sablon, airbrush dan resin. Beberapa usaha yang sedang dalam proses pembelajaran antara lain kuliner, batik, kriya dan lain sebagainya. Sederet program pemberdayaan ekonomi ini sengaja diperuntukan bagi pemuda.  

“Setidaknya kita juga berusaha menekan angka pengagguran. ” katanya

 

Danny menambahkan, saat ini pengurus RBS setidaknya ada  sekitar 15 orang. Sedangkan, jumlah Anggota telah lebih dari  200 orang. Rumah Baca yang didirikan juga sekaligus menjadi markas RBS.
 Untuk mengenal lebih dekat RBS bisa datang ke sekretariat di di RW III Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta. Untuk Sosial media bisa di akses di twitter @ RB_Sangkrah. (as)

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top