For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Rumah Baca Sangkrah, Dari Keprhatinan Kini Jadi Percontohan  

Rumah Baca Sangkrah, Dari Keprhatinan Kini Jadi Percontohan  

Rumah Baca Sangkrah, Dari Keprhatinan Kini Jadi Percontohan  

 

SOLO, iklankoranku.com- Rumah Baca Sangkarah. Siapa sangka langkah kecil atas keprihatinan terhadap kondisi sosial  kampung Dadapsari Kelurahan Sangkrah justru mengudang perhatian.

 

Banyak pihak tertarik untuk menjadi volunteer.  Para volenter yang tertarik tak hanya perorangan namun juga komunitas. Bahkan Tak volenter yang tertarik tak hanya berasal dari kota Solo dan sekitarnya namun juga negara asing.

 

“Ada warga negara asing yang juga menjadi volunteer, mengajar bahasa inggris untuk anak-anak,” ujar Danny Setyawan Pembina RBS.

 

Selain itu,  (RBS) juga menjadi rujukan studi banding dan percontohan gerakan sosial berbasis kampung.  Mulai dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi se jawa dan bali, berbagai komunitas masyrakat dari kota Jogja, Banyuwangi, Sragen, Kalioso, Wonogiri, Sukoharjo, Cepu Dan Lampung tertarik untuk studi banding mengadopsi kegiatan RBS di daerah masing-masing

 

Menurut Danny, hal terpenting dalam membangun gerakan soail berbasis kampung yakni dengan mengajak masyrakat memiliki kesadaran. Yakni, kesadaran membangun suatu lingkungan yang lebih baik dan bersahabat. Hal itu sangat penting bagi tumbuh kembang anak di lingkungan masing masing.

 

“Sebab, anak merpuakan generasi penerus yang akan turut membangun kampung menjadi lebih maju,” katanya

 

Danny merasa sangat diperlukan peran aktif dari pemerintah mengenai perkembangan dari suatu kampung. Menurutnya, hingga saat ini pertumbuhan suatu kota di diawali dari kampung. Ia melihat saat ini seakan akan kampung terabaikan. Hal itu terlihat masih begitu banyak permasalahan permasalahan kampung yang belum terselesaikan.

 

“perlu peran pemerintah juga untuk membangun kampong kampong. Kami harap sedikit yang dilakukan komunitas RBS ini menginspirasi kampung-kampung lain,” tandasnya. (as)

leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top